Sunday, May 8, 2011

Henry Fayol (1841-1925)

Diterjemahkan dan disunting dari Wikipedia oleh Abdul Wadud Nashruddin

Henri Fayol lahir di Istambul, Turki , 29 July 1841. Beliau meninggal dunia di Paris, Perancis, 19 November 1925. Ia adalah seorang ininyur pertambangan lulusan Perancis, seorang direktur pertambangan, sekaligus seorang pakar manajemen. Ia dengan originalitasnya mampu menciptakan teori-teori manajemen secara ilmiah, yang disebut Teori Umum Administrasi Bisnis, yang kemudian dijuluki Fayolisme. Ia adalah salah satu kontributor penting untuk teori-teori manajemen yang berkembang selanjutnya..

Fayol lahir di tahun1841 di pinggiran Kota Istambul, Turki. Waktu itu ayahnya yang seorang insinyur tengah mengerjakan proyek Jembatan Galata di Turki sebagai seorang mandor. Ia kembali ke Perancis di tahun 1847. Kemudian Fayol menempuh pendidikan di sebuah sekolah negeri pertambangan "Ecole Nationale Superieure des Mines" di Kota Saint Etienne.

Saat beranjak 19 tahun, Fayol sudah menempuh karir tekniknya dengan bekerja di sebuah perusahaan pertambangan "Compagnie de Commentry-Fourchambeau-Decazeville" di Commentry. Pada tahun 1888 dia dipercaya menduduki jabatan direktur perusahaan itu karena karirnya yang cemerlang. Saat itu pegawai perusahaan tersebut mencapai lebih dari 1000 orang. Karena kepiawaiannya Fayol tak tergeserkan sebagai direktur selama 30 tahun hingga 1918. Sementara pada tahun 1900-an perusahaan tersebut telah menjadi salah satu perusahaan besi dan baja terbesar di Perancis, sekaligus termasuk salah satu industri vital nasional Perancis kala itu.

Pada 1916, Fayol menerbitkan pengalaman-pengalaman manajerialnya dalam sebuah buku yang berjudul "Administration Industrielle et Générale", sekitar beberapa tahun setelah Frederick Winslow Taylor menerbitkan teorinya tentang manajemen scientific. Teori-teori Fayol yang biasa disebut fayolisme ini merupakan satu teori pembanding pertama di ranah teori umum manajemen. Fayol berpendapat bahwa ada lima fungsi utama dari manajemen. Hal-hal tersebut adalah Planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling. Di mana kontrol di sini dimaksudkan adanya pelaporan tentang proses kerja perusahaan kepada manajer agar ia dapat segera mengambil langkah-langkah manajerial yang diperlukan untuk kesuksesan perusahaan.

Fayol banyak menghasilkan karya baik berupa buku maupun artikel lepas. Kebiasaan inilah yang membuat tentu saja ada penghargaan yang lebih dari kalangan intelektual pada pikiran-pikiran beliau. Buku-buku yang telah ia terbitkan antara lain : 

1900. Bassins houillers de Commentry et Decazeville, Excursion sous la conduite de M. H. Fayol,

 1918. Notice sur les travaux scientifiques et techniques, Gauthier Villars, Paris

1921. L’incapacité industrielle de l’État : les PTT, Dunod,

1923. La réforme administrative des PTT, tiré à part, Dunod,

No comments:

Post a Comment