Sunday, May 8, 2011

Frederick Winslow Taylor (1856-1915)

Diterjemahkan dan disunting dari Wikipedia oleh Abdul Wadud Nashruddin
Frederick Winslow Taylor lahir pada tanggal 20 Maret 1856 dan menutup usia pada tanggal 21 Maret 1915. Taylor adalah seorang insinyur mesin Amerika yang melahirkan banyak pendapat tentang efisiensi industri. Ia dijuluki sebagai bapak scientific management sekaligus sebagai konsultan manajemen panutan di mana jasanya digunakan dalam banyak hal. Taylor adalah seorang pioner intelektual yang mengawali pemikiran tentang efisiensi kerja, yang kemudian pendapatnya sangat berpengaruh untuk waktu-waktu selanjutnya.

Taylor lahir dari satu keluarga petani kaya di Germantown, Philadelphia, Pennsylvania. Ayah Taylor, Franklin Taylor, adalah seorang pengacara lulusan Princeton University. Sementara ibunya, Emily Annette Taylor (Née Winslow) bekerja di pertenakan milik keluarga mereka. Setelah mendapkan sekian tahun pendidikan di keluarga (ibunya), Taylor melakukan perjalan menuntut ilmu selama 2 tahun di Jerman dan Perancis. Ia menyempatkan diri berkeliling Eropa selam 18 bulan kala itu. Di Tahun 1872, dia memasuki perguruan tinggi di Phillips Exeter Academy, Exeter,

Setelah kelulusanya Taylor diterima di Harvard. Entah kenapa, dipengaruhi oleh semangat petualangannya yang besar Taylor mengambil jalan lain karirnya. Setelah krisis moneter 1873, Taylor mulai bekerja di bidang industri dengan memulai karir rendahan dari awal di sebuah perusahaan industri pompa Enterprise Hydraulic Works, Philadelphia. Nasib Taylor beranjak naik di tahun 1878, menjadi seorang penjaga ruang mesin di Midvale Steel Works. Taylor kemudian terus beranjak karirnya, menjadi kepala grup, penyelia, direktur riset, dan apada puncaknya menjabat sebagai kepala teknis di Midvale. Setiap sehabis kerja, malam harinya Taylor menyempatkan diri mengenyam pendidikan tinggi di Stevens Institute of Technology. Tahun 1883 ia mendapatkan gelar insinyur mesinnya dengan hasil kelulusan yang luar biasa. Pada tahun 1884, ia menikahi Louise M. Spooner yang berasal dari Philadelphia.

Dari tahun 1890 hingga 1893 Taylor bekerja sebagai manajer umum sekaligus seorang konsultan teknis manajemen untuk Manufacturing Investment Company, Philadelphia, sebuah perusahaan yang mengelelola pabrik kertas yang amat besar di Maine dan Wisconsin. Pada tahun 1893, Taylor membuka praktik jasa konsultan swasta di Philadelphia. Perusahaan konsultan itu memiliki slogan marketing "Systematizing Shop Management and Manufacturing Costs a Specialty". Pada 1898, Taylor bergabung di perusahaan Bethlehem Stell, di mana ia, Maunsel White, dan sebuah tim untuk merekayasa proses efisiensi kerja perusahaan tersebut. Keberhasilannya menciptakan mesin yang jauh lebih efisien dalam memproses peleburan besi memperoleh penghargaan medali emas dalam sebuah pameran di perancis tahun 1900. Di tahun yang sama, ia juga memeproleh penghargaan Elliot Cresson Medal oleh Franklin Institute, Philadelphia. Tetapi setahun setelah itu ia dipaksa meninggalakan Bethlehem Steel karena berselisih paham dengan manajer lain. Waktu itu Frederick dan istrinya Louise Taylor mengadopsi tiga orang anak, Kempton, Robert dan Elizabeth.

Pada 19 Oktober 1906, Taylor dianugerahi gelar doktor honoris causa, Doctor of Sciense oleh University of Pennsylvania. Taylor dipercaya juga menjadi guru besar untuk mengajar di Tuck School of Business dan Dartmouth College. Akir musim dingin 1915 Taylor terserang pneumonia dan sehari setelah ulang tahunnya ke 59, tanggal 21 Maret, beliau meninggal dunia. Ia dimakamkan di West Laurel Hill Cemetery di Pennsylvania. Beberapa karya tulis Taylor antara lain :

1894. Notes on Belting


1895. A Piece-rate System

1896. The adjustment of wages to efficiency; three papers .... New York, For the American economic association by the Macmillan company; London, S. Sonnenschein & co.

1903. Shop management; a paper read before the American society of mechanical engineers. New York.

1906. On the art of cutting metals, by Mr. F. W. Taylor; an address made at the opening of the annual meeting in New York, December 1906. New York, The American society of mechanical engineers.

1911.Principles of Scientific Management. New York and London, Harper & brothers.

1911. Shop management, by Frederick Winslow Taylor ... with an introduction by Henry R. Towne .... New York, London, Harper & Brothers.

1911. A treatise on concrete, plain and reinforced: materials, construction, and design of concrete and reinforced concrete. (2d ed). New York, J. Wiley & sons.

1912. Concrete costs. New York, J. Wiley & sons.

No comments:

Post a Comment